Jumat, 18 Juni 2021

Anting Ajaib


Anda pernah ke Jogjakarta? Pasti pernah juga ke Malioboro, dong. Ya, orang seperti belum sah bila ke Jogja, tapi belum singgah ke Malioboro.

Bila Anda jalan-jalan di Malioboro kemudian kehilangan anting, apa yang akan Anda lakukan?  Orang kehilangan, apalagi benda kecil, biasanya tidak tersadar. Entah di mana benda tersebut jatuh.  

Nah, pengalaman yang saya alami ini sungguh sulit dipercaya. Saat anak saya masih berumur lima tahunan, saya bertiga dengan suami ke Malioboro. Masih layak boncengan berempat, saya mengajak ponakan yang masih berumur 4 tahun. 
Saat kami memarkir sepeda motor, ponakan menyampaikan kehilangan salah satu antingnya. Tengok kanan dan kiri di sekitar motor tidak ada anting jatuh. Melihat situasi yang ramai dan panas, tidak layak kami serius mencari-cari antingnya. Kami pun menghiburnya semoga nanti ketemu dan melanjutkan jalan-jalan.

Kami pun melihat-lihat barang yang dijajakan di sepanjang jalan Malioboro dari ujung selatan sampai utara. Belanja seperlunya kemudian bermaksud pulang.
Lima meter kami mendekati parkiran motor, aneh dan benar-benar ajaib. Mata saya melihat anting itu di sela-sela batu trotoar. Alhamdulillah. Ini bukti kalimat yang sering saya dengar bahwa rezeki tidak akan tertukar. Kalau memang masih menjadi rezeki ponakan saya, anting itu tidak jadi hilang. Masyaallah.

Purwokerto, 18 Juni 2021

Gambar: google

1 komentar: