Sabtu, 19 November 2022

Virus Itu Meng-Indonesia


Untuk menyambut Muktamar ke-41 Al Irsyad Al Islamiyyah, lebih dari 10 macam lomba diadakan untuk siswa TK sampai SMA, seperti lomba pidato bahasa Arab,  hafalan Al Quran, mars Al Irsyad, story telling, dan menulis cerpen.  Semua lomba yang diselenggarakan secara daring ini disambut dengan antusias oleh  perguruan Al Irsyad se-Indonesia. Aku ditunjuk menjadi salah satu jurinya. 

Khusus lomba cerpen diadakan untuk SMP dan SMA. Mungkin terdengar tidak adil, tetapi karena mengingat banyak hal, ada beberapa cabang tetap diperuntukkan siswa SMP SMA, termasuk menulis cerpen. Insyaallah pemenang lomba akan diumumkan dalam acara penutupan Muktamar Al Irsyad, 25 November 2022 di Purwokerto. 

Sebelum mulai menilai karya, aku sudah terpikir untuk membukukan cerpen para peserta menjadi antologi. Ya, seperti biasa yang sudah aku lakukan di sekolah. Alhamdulillah mendapatkan sambutan baik dari panitia pusat. 

Sebanyak 22 naskeh cerpen kini sudah proses penyuntingan. Grup WA pun sudah terbentuk. Satu-persatu bionarasi terkirim untuk melengkapi antologi cerpen. Ini artinya, virus literasi siap aku edarkan ke SMP SMA Al Irsyad se-Indonesia, termasuk dari Ternate. 

Uniknya, aku bukan September aku sudah mempunyai stok kover buku. Melihat poster buatan siswa untuk pawai menyambut Milad 108 Al Irsyad, dalam hati aku sudah meminang bahwa poster ini akan aku jadikan kover buku. Entah bukunya siapa

Dalam waktu yang bersamaan, beberapa pekan lalu, aku mendampingi Athaya, siswa kelas 8, mengikuti lomba menulis teks eksposisi tentang Profil Pelajar Pancasila. Meskipun belum menang, dia sudah aku virusi untuk menyusun buku solo. 

"Aya, ini naskahmu sudah banyak, bagaimana kalau dijadikan buku? Kamu tambahi ya, minimal 50 halaman." Setelah menjelaskan banyak hal, ia pun setuju, bahkan kami sempat tos tangan. 
Bismillah.... 

Purwokerto, 19 November 2022
 

14 komentar:

  1. Virus literasi Bu Mien memang jos, cepat memapar dan menyebar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, amin....
      Mhn dukungan Pak... Terima kasih

      Hapus
  2. "Dari tiap amu tambahi ya, minimal 50 halaman." Setelah menjelaskan banyak hal, ia pun setuju, bahkan kami sempat tos tangan. "

    Serasa ada yang kurang.
    Ada aku ada saya.

    Intinya Hore Bu Mien naik kelas

    BalasHapus
  3. Bu guru Yang selalu menyebarkan virus literasi. Semoga sukses

    BalasHapus
  4. Terus menginspirasi dan menebar virus literasi. Semangat untuk anak-anak dan juga bapak serta ibu gurunya

    BalasHapus
  5. Virus literasi virus yang keren

    BalasHapus
  6. Keren...berbagi cerita. Virus literasi menelan korban murid2 sampai panas dingin ha....

    BalasHapus