Senin, 25 Mei 2020

Dua Buku Karya Siswa di Masa Pandemi Corona




Pertengahan Ramadan 1441 H, sekolah menerima persembahan karya siswa. Dua judul buku ber-ISBN menambah deretan karya warga sekolah. Peluncuran buku pertama kali pada Maret 2019 sebanyak 41 judul buku dan Februari 2020 sebanyak 2 judul.  
Dua judul buku kali ini dari Pustakawan Remaja dan satu lagi karya siswa kelas 7 dan 8. Buku-buku ini karya susulan dari ajang lomba menulis naskah buku yang diperuntukkan antarkelas. Adapun pelucurana dua judul terbaru ini batal karena adanya pandemi covid-19.
Berikut data selebihnya dua buku tersebut.

Judul: Setitik Cahaya di Langit Senja
Penulis: Aqila Adisti Ghaisani dan 15 Pustakawan Remaja SMP Al Irsyad Purwokerto
Penerbit: SIP Publishing
ISBN : 978-623-7831-51-8
Tahun : Mei 2020
Tebal buku: vi + 188
Membantu pustakawan sekolah dan selalu bersentuhan dengan buku, menjadi motivasi Pustakawan Remaja untuk menerbitkan buku. Enam belas cerita pendek hadir dari 8 pustakawan putra dan 8 pustakawan putri Perpustakaan Al Izdihar SMP Al Irsyad Purwokerto masa jabatan 2019-2020. Dalam buku ini mereka berkisah seputar kehidupan remaja pada umumnya, baik pengalaman pribadi, cerita fiksi, maupun cerita fantasi. Semua dikemas menjadi cerita yang seru, haru, gembira, dan yang jelas tidak luput dari pesan hikmah di dalamnya. 
Selain cerpen Setitik Cahaya di Langit Senja, pembaca bisa menemukan keseruan cerita dalam cerpen Mekar dalam Kesendirian, Jangan Merundung, Dua Malam Tak Terpisahkan, atau Peti Tak Terhingga, dan judul-judul lainnya.*

Judul:  Ratu dan Mahkota Surga
Penulis: Faisa Rumman Auryn dkk.
Penerbit: SIP Publishing
ISBN : 978-623-7831-49-5
Tahun : Mei 2020
Tebal buku: vi + 98
“Kakak, Ratu seharusnya mendapat mahkota? Mengapa Ratu tidak dapat ya?”
Aku hanya tertawa menanggapi ocehannya. “Ratu, mungkin saat ini Ratu tidak mendapat mahkota. Tetapi kalau Ratu berbakti pada mama papa, menjadi penghafal Quran, Ratu akan mendapatkan mahkota di surga!”
***
Akankah Ratu melakukan saran sang kakak untuk mendapatkan mahkota surga? Ataukah justru Ratu akan menyerah pada impiannya?
Jawabannya ada di dalam buku antologi cerpen Ratu dan Mahkota Surga. Buku ini merupakan buku kumpulan cerita pendek hasil karya siswa kelas 7 dan 8 SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Mereka telah membuktikan bahwa ungkapan perasaan dapat terwujud dalam cerita manis sarat makna yang sayang sekali untuk dilewatkan. Selamat membaca.*





10 komentar:

  1. Selamat bunda ...semoga para siswanya terus menghasilkan karya karya.

    BalasHapus
  2. Selamat bunda ...semoga para siswanya terus menghasilkan karya karya.

    BalasHapus
  3. Senang sekali jika siswa bisa menghasilkan karya.

    BalasHapus
  4. Siswa yang luar biasa...
    Bahagia sekali yang menjadi gurunya
    Semoga semakin berkarya...

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, terima kasih semua.

    BalasHapus
  6. Produktif dan luaf biasa karyanya. Siapa dulu motivatornya

    BalasHapus
  7. Wah, hebat...selamat Ust.,semoga makin banyak karya-karyanya.

    BalasHapus
  8. Selamat atas terbitnya kembali karya siswa hebat, tentu semua tak lepas dari dukungan guru yang hebat pula..

    BalasHapus
  9. Wah keren sekali anak2 ini. Pasti gurunya sangat luar biasa dalam mentransfer motivasi menulis sehingga lahirlah karya oada masa pandemi.

    BalasHapus