Minggu, 06 Maret 2022

Kalau Tidak Bayar Bagaimana?


Sabtu kemarin, hari terakhir menjelang pelaksanaan PTS (Penilian Tengah Semester), sekolah membagikan kartu peserta. Kartu ini wajib dibawa siswa selama PTS. Adapun siswa yang belum menerima kartu diwajibkan meminta kartu sementara kepada panitia. Bunyinya kartu sementara, tetapi ada saja sedikit yang tidak berganti sampai selesai PTS. 

Kabaradaan kartu ini salah satunya untuk memancing orang tua agar segera melunasi kekurangan biaya administrasi, apalagi menjelang pembagian nilai karena sebagian hanya karena lupa  Seperti pada umumnya sekolah di swasta dikenakan SPP yang tidak sedikit. Begitu juga di sekolah kami. Bedanya, sekolah kami memberlakukan SPP subsidi silang dan biaya operasional yang dibayarkan awal tahun. Jadi, semua kegiatan sudah dianggarkan dari awal. Tidak ada tarikan lagi di tengah perjalanan, misalnya, mau tur studi, wisuda, atau mau ujian, sudah bersih dihitung di awal. Setiap bulan hanya ada tarikan SPP.

“Kok saya tidak diberi, Ustazah?” tanya Anin memelas dan saya jawab karena kurang tiga bulan. Setelah diusut, rupanya anak ini penerima beasiswa, saya lupa, sungguh merasa bersalah. Nah, berhubung rapor semester kemarin nilainya di bawah standar minimal penerima beasiswa, dia diwajibkan membayar SPP standar sepanjang satu semester selanjutnya. “Kalau saya tidak mau membayar, bagaimana?” Kekecewaan orang tua Anin bisa dimaklumi karena TU terlambat menginformasikan yang semestinya pada Februari. Akhirnya kartu saya berikan dan SPP boleh dibayarkan menyusul.

Purwokerto, 7 Maret 2022

10 komentar:

  1. Kebijakan dan kebijaksanaan barus berimbang ya, Bu. Mantap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bu. Terima kasih, sudah suport dan mampir di blog saya.

      Hapus
  2. Saya belum pernah punya pengalaman bersekolah atau menyekolahkan di sekolah swasta. jadi, cerita ini menambah pengetahuan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Pak. Salut para ortu yg nyekolahkan anak di tempat kami, tdk murah, tp banyak pelanggan. Ada yg bersamaan anaknya di 3 unit sekaligus, dari TK, SD, dan SMP/ SMA.

      Hapus
  3. Salah satu syarat mengikuti PTS, tentunya menyelesaikan administraasi di sekolah...
    Anak saya juga seperti itu. Jika dapat beasiswa, tentunya akan amat meringankan

    BalasHapus
  4. Pendidikan memang membutuhkan biaya. Meskipun itu berat, tetapi harus diusahakan oleh orang tua masing-masing.

    BalasHapus
  5. Saat ujian memang serba dilemma. Banyak siswa yang belum bayar. Eh tapi kalau tidak dikasih kartu, guru juga yang repot.

    BalasHapus