Senin, 13 Februari 2023

Pameran Pendidikan Ramaikan Edu Fair SMP Al Irsyad Purwokerto

*Pameran Pendidikan Ramaikan Edu Fair SMP Al Irsyad*
Edu fair perdana secara luring setelah pandemi menjadi hajatan yang luar biasa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Semua warga sekolah menyambut dengan sangat antusias kegiatan yang digelar di area parkir dan Sport Center, Sabtu -Ahad, 11-12 Februari 2023 ini. 

Salah satu menu acara yang melengkapi  edu fair kali ini adalah pameran pendidikan. Adapun kegiatan lainnya adalah aneka lomba siswa SD, jalan sehat, pelatihan garnis bagi orang tua siswa, dan lomba antarkelas siswa SMP Al Irsyad, yaitu tari saman, lagu daerah, nasyid, dan hymne SMP Al Irsyad.

Pameran kali ini menyuguhkan beberapa stan. Stan Humas PPDB, permainan edukatif, buku karya warga sekolah, aneka karya siswa berbakat dan siswa inklusi, batik jumputan, language corner, math and science experiments, the history of Islam, berbagi tips proses kreatif menulis buku, demo masak dari ekskul entrepreneur, demo melukis dan membatik, spin pintar sejarah, serta bedekan basa Jawa. 
Stan pendatang dalam pameran pendidikan adalah stan permainan edukatif. Permainan ini dilombakan bagi kelas 7 dan 8 dengan penilaian sebelum pameran dan sepanjang pameran. Tidak jarang penjaga stan berusaha sebaik mungkin melayani pengunjung selain permainannya memang menarik. Sebut saja ada lengan robot hidrolik yang dibuat dari kardus bekas dan alat suntik. Ada juga miniatur bola basket, labirin, ular tangga 3 dimensi, domino matematika, dan lain-lain. Voucher belanja stan bazar serta aneka hadiah menarik menjadi pemancing para pengunjung mendatangi stan mereka. Tampak pengunjung tua dan muda menjajal permainan yang unik dan kreatif karya mereka. 

Fairuz Atha K. H., kelas 9E, mengatakan bahwa permainannya asyik, terutama pada keunikannya dan ada juga game-game mata pelajaran, bisa sekaligus belajar lagi. 
"Stan pameran sangat menarik karena memberi kesempatan para siswa menampilkan kreativitas mereka. Saya sangat mendukung, " ucap Pak Heri, ayahanda Yasmin kelas 8C setelah mengunjungi semua stan dalam pameran ini. 

Adapun pada stan buku dipamerkan dan dijual buku-buku karya warga sekolah, dari siswa, guru karyawan, manajemen, orang tua, bahkan alumni. 

Di depan stan buku Ustaz Fahmi, Ketua LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, menyampaikan kesannya saat mengunjungi stan buku karya warga sekolah. "Ini sangat bagus, saya dukung. Saya jadi termotivasi untuk ikut menulis buku," tambahnya.*
(Sumintarsih)

4 komentar: