Minggu, 05 Februari 2023

Tari Saman yang Menawan

Bersama para bunda yang membantu memakai kostum

Alhamdulillah, lega.

Itulah perasaan yang ada setelah lomba penyisihan tari Saman berakhir, pagi kemarin, Sabtu 4 Februari 2023.

Menyambut Edu Fair SMP Al Irsyad Purwokerto, Banyumas, tahun 2023, setiap level mengadakan lomba yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk memberikan pertunjukan yang berbeda di panggung puncak acara besok Sabtu Ahad, 11-12 Februari 2023.

Level 7 putri menggelar lomba tari Saman dan yang putra lomba nasyid. Level 8 Putri dan putra lomba lagu daerah, sedangkan level 9 lomba hymne SMP Al Irsyad. Adapun tiap level terdiri dari 5 kelas putri dan 5 kelas putra.

Seleksi diadakan bagi level 7 dan 8 guna mengambil 2 kelas terbaik untuk ditampilkan di panggung. Seleksi kelas putri diadakan di aula lantai 3 dan kelas putra di aula lantai 1. Level 7 maju paling pagi, dilanjutkan level 8 dan level 9. Penonton hanya dari tiap level karena sisa waktu untuk kembali pembelajaran.

Kelas 7B, kelas saya, mendapatkan undian paling akhir, kelima. Tampak mereka tegang menyaksikan kelas lain satu persatu tampil. Sepanjang penantian itu pula, berulang-ulang saya bisikkan  pesan kepada mereka agar tetap semangat.

Pelajaran dari kegiatan seperti ini sangat banyak. Siswa sudah dilibatkan dari awal mulai dari penentuan ketua, ada tim inti, memilih model tarian, waktu latihan, sampai kostum. Bahkan mereka benar-benar beratih mandiri dari youtube. Tidak mudah bagi mereka yang masih kelas 7, tetapi kepercayaan yang mereka terima membuat mereka praktik tanggung jawab dan mandiri, bahkan belajar mengatasi masalah tatkala ada perbedaan pendapat dan kesalahpahaman. Termasuk sedikit kesalahpahaman sata pembagian kostum. Bahkan, keterlambatan 1 peserta sempat membuat semua panik. 

Persis 3 pekan mereka latihan hampir setiap sore. Pekan terakhir pada setiap sore bahkan setiap ada sela waktu mereka langsung duduk bersama. Dari mulai gerakan pertama, tambah 1 gerakan, 2 gerakan, begitu seterusnya.

 Alhamdulillah ada anak-anak yang waktu SD pernah mendapatkan pengalaman menari Saman, Kayla Amira dan Joselina. Adapun peserta ekskul Saman di 7B cuma ada satu anak, Farah. Ketiga anak inilah yang saya amanahi menjadi tim inti.

Ortu menyaksikan latihan tari Saman di kelas. 

Bahagia sekali kami mendapatkan dukungan dari orang tua siswa. Sepanjang sepekan terakhir, orang tua saya tawari saat penjemputan sekalian hadir menyaksikan amak-anak latihan. Hasilnya? Alhamdulillah setiap sore 2-4 bunda yang hadir dan anak-anak tampak lebih semangat. Apalagi urusan kostum, ada Mama Kayla A. yang menangani dengan sabar dari awal survei sampai urusan penyewaan tuntas. 

Pada hari H, Kayla Amira sebagai komandan meminta anak-anak datang ke sekolah pukul 05.30. Berdasarkan pengalaman cek kostum, ternyata memerlukan waktu yang lama. Meskipun tanggapan mereka keberatan, nyatanya satu persatu hadir mulai 05.40 dan langsung menggunakan kostum yang mereka sewa secara swadana.

Foto bersama setelah tampil

Alhamdulillah, mereka akhirnya bisa menampilkan tari Saman dengan lancar dalam balutan kostum merah dan kuning selang seling. Tampak cantik dan menawan. Penampilan yang cerah dengan gerakan yang kompak sekaligus powerfull.

Saya yakin kegiatan ini menjadi pengalaman berharga dan luar biasa bagi mereka.

Pagi ini, apel pagi diisi pengumuman-pengumuman. Salah satunya pengumuman lomba tari Saman. Alhamdulillah, kelas 7B lolos masuk final, bahkan dengan skor tertinggi. Selain juri guru dalam, ada juri dari luar dilibatkan. 

Alhamdulillah, selamat anak-anakku. Tantangan tidak akan pernah usai, hadapi dan raih kesempatan berprestasi. Insyaallah menjadi ladang ibadah dalam mendewasakan diri. 

merayakan kemenangan setelah apel

Purwokerto, 6 Februari 2023

video penampilan 7B

12 komentar:

  1. Selamat Bu Mien mendampingi anak2 hebat

    BalasHapus
  2. Masyaa Allah.... Tetap semangat usth Mien dan anak2 7B

    BalasHapus
  3. alhamdulillah..ikut senang dan menunggu diundang syukurannya. wkwkwk..

    BalasHapus
  4. Mantap! Anak-anak hebat! Gurunya menulis hebat pula! Trims Teh, sudah berbagi!

    BalasHapus
  5. Wah sepertinya seru sekali acaranya Bu. Harus lewat seleksi. Mantap kolaborasi sekolah dan wali murid.

    BalasHapus
  6. Masya Alloh..
    Keren sekali kegiatannya.

    BalasHapus