Sabtu, 14 Oktober 2023

Sepekan Dua Hajatan


Seperti bulan Oktober tahun-tahun sebelumnya, Oktober tahun ini sekolah kembali menggelar hajatan Lomba Bahasa dalam rangka meramaikan Bulan Bahasa. Awalnya hanya lomba bahasa Indonesia, lama-lama menjadi lomba semua bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Jawa, Arab, dan Inggris. 
Lomba bahasa tahun ini adalah pelaksanaan pertama setelah pandemi covid. Meskipun pembelajaran jarak jauh, waktu pandemi covid, lomba bahasa dilaksanakan secara daring. Adapun lomba-lomba tahun ini meliputi: bahasa Indonesia ada lomba pidato, mendongeng, meusikalisasi puisi, dan presentasi makanan khas Banyumas. Lomba bahasa Jawa diwakili dengan lomba pacelathon, yaitu obrolan berbahasa Jawa. Pada bahasa Arab ada kuis dan bahasa Inggris ada lomba spelling bee. 

Di antara beberapa lomba tersebut, yang lomba berkelompok adalah musikalisasi puisi, pacelathon, spelling bee, dan kuis. Siswa dan wali kelas berkolaborasi  menyiapkan dan memberikan penampilan yang terbaik. 
Festival Bulan Bahasa tahun ini dimeriahkan oleh toko buku Gramedia Purwokerto dalam bentuk seminar kepenulisan dan bazar buku. Seminar dan workshop ini untuk perwakilan siswa, 5-10 anak x 30 kelas dengan narasumber Hana Hanifah, penulis buku best seller Muslimah Keren. 

Belum sepekan habis, hajatan kedua menyusul khusus tim Al Quran, dengan menghadirkan Olimpiade Tahfizul Quran pada Sabtu, 14 Oktober 2023 ini. Peserta kelas 7, 8, dan 9 ditandingkan sesuai capaian hafalan, kategori juz 30, juz 27, 3 juz, 4 juz, dan 5 juz. Acara berlangsung di Masjid Jenderal Soedirman. Turut hadir pula orang tua dari para finalis. 
Peserta menyimak dan antisipasi menyaksikan lomba ini apalagi scir bisa langsung dilihat dinlayar.  Sekian itu, kuis dan doorprize di sela-sela acara menjadi hal yang dinanti-nanti. 
"Acara seperti ini keren, memberikan apresiasi kepada siswa yang telah berusaha keras menghafal Al Quran." Demikian tanggapan Bunda dari salah satu peserta-Aisya Mulia kelas 7E.

Sebelum penutupan, hadiri menyimak hafalan terakhir dari Avicena Iqbal, 15 ayat terakhir surat Al Jasiyah, menandai tuntas sudah ia menghafal Al Quran 30 juz. Insyaallah memotivasi siswa lainnya. Amin. 

Purwokerto, 14 Oktober 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar