Minggu, 23 Mei 2021

Temu Kangen Penulis Antologi AKMS


Silaturahmi dan temu kangen. Ya, judul ini lebih tepat karena yang penting terobati rasa kangen dan silaturahmi mumpung masih bulan Syawal. 

Sabtu, 22 Mei 2021 pukul 09.00 sampai 11.17 telah terlaksana zoom meeting para penulis buku antologi alumni SMP Al Irsyad (Apa Kata Mereka Saja) bersama beberapa guru. Atas izin Allah, acara dadakan mendapatkan dukungan dari para alumni dan guru. Dari 53 penulis buku, angkatan 2002 sampai 2018 (17 angkatan) hadir 27 alumnus. Sedangkan para guru hadir 9 orang, termasuk kepala sekolah dan dua mantan kepala sekolah.

Acara ini spontan ide saya yang dulu mengajak mereka menulis buku. Di luar dugaan, antusias alumni dan guru senior luar biasa. Beberapa alumnus ingin hadir, tetapi terkendal. Sebagian hadir walau hanya sempat 10 sampai 15enit. Meskipun alumni yang berada di Sulawesi, Kalimantan, bahkan ada yang di Qatar ikut bergabung di zoom meeting yang dipandu oleh Juveno (lulusan 2012) dan Rifka (2011).

Obrolan ringan melepas kangen pun mengalir bergantian dari alumni dan guru.  Dimulai dari Iswati (2002), Yudha (2003), dan Helmi (2018). setelah itu disambung bergantian alumni dan guru. 

Salah satu alumnus yang telah menyelesaikan S-2 bercerita, “Saya senang bisa berpartisipasi dalam buku antologi tersebut. Sejak saat itu saya jadi suka menulis walaupun cuma saya kirimkan ke blog dan tidak tahu ada yang membaca atau tidak.”

Wah, jadi tersanjung saya.  Saya pun senang bisa mengajak orang lain menulis. Seperti yang saya pesankan dalam pengantar acara ini. Setelah menerbitkan satu buku antologi pada tahun 2018 dan setelah pertemuan ini selesai, semoga ada yang terus berminat menulis lagi.
Dalam pesan penutup, Kepala Sekolah (Usta Sudrajat) yang Alhamdulillah menyimak acara sampai tuntas, berpesan agar komunikasi terus terjaga dan semakin meluas tidak hanya dari para penulis. Yang lebih penting adalah agar proyek-proyek kebaikan seperti yang sudah pernah dijalankan alumni bisa lebih dikembangkan.

Purwokerto, 23 Mei 2021 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar