Minggu, 10 Desember 2023

Sumpah Beruang di Banyumas

Siswa melihat pembuatan paving dari sampah plastik

Salah satu kegiatan kelas 7 beberapa hari lalu adalah kegiatan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema Sampahku Tanggung Jawabku. Tahap 1 perkenalan tentang mengenali dan membangun kesadaran siswa tentang isu gaya hidup berkelanjutan, khususnya terhadap sampah dan masalah yang ditimbulkan. 

Pada tahap yang kedua yaitu kontekstualisasi. Dalam tahap ini siswa diajak ke tempat pengelolaan akhir sampah terpadu berbasis teknologi dan edukasi TPA BLE Banyumas. Siswa melihat langsung proses pengelolaan sampah mulai dari turunnya sampah dari truk kemudian dipilah-pilah dengan mesin besar lalu proses pengolahan selanjutnya. Dengan program Sumpah Beruang (Sulap Sampah Berubah Menjadi Uang), sampah plastik menjadi paving block, bahkan menjadi bahan bakar pengganti batu bara dikirim ke industri Cilacap. Adapun sampah organik menjadi magot untuk pakan ternak. 

Dengan aroma sampah yang sangat menyengat, para siswa berusaha bertahan mendengar penjelasan pemandu kemudian mengerjakan kertas kerja. Saat kami berlima, para guru pendamping berpamitan, Kepala TPA BLE, Pak Edi, sempat menceritakan bahwa salah satu industri yang sudah pesan adalah pabrik semen Bima, bahkan beberapa waktu ke depan akan kekurangan sampah plastik. Spontan kami pun menjawab, "Jadi, apakah kami batal mengajak siswa kampanye mengurangi sampah plastik nih, Pak?"

Purwokerto, 11 Desember 2023

Gambaran TPA BLE Banyumas:
https://youtu.be/GH5rxDnZz64?si=UmrvV9cuVeBgH2P-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar