Kamis, 07 Desember 2023

Bertukar Kelas dalam KBM

Asyiknya hidup bertetangga.
Apa yang terlintas dengan pernyataan tersebut? Tentu kita beranggapan bahwa sesama tetangga saling menghormati dan menghargai itu sangat perlu karena bermanfaat. Hal berlaku dalam kehidupan bermasyarakat. Demikian halnya di sekolah bahwa antarkelas itu ibarat tetangga maka sepatutnyalah saling menghargai dan menghormati.

Ada cerita seperti ini di sekolah saya. 
Setiap tahun biasanya ada siswa yang cedera kakinya entah karena cedera saat olahraga atau kecelakaan. Semester lalu ada siswa perempuan yang tertabrak motor saat menyebrang mau masuk ke gerbang sekolah. Ada pula siswa laki-laki yang cedera kaki saat main bola. Hal-hal seperti ini membuat kegiatan belajar mehgajar tidak bisa berlangsung normal karena siswa yang kakinya cedera tidak mungkin naik tangga sampai lantai 2 atau 3 bahkan 4.  

Supaya siswa yang sedang cedera tetap bisa mengikuti pembelajaran, diadakanlah geser kelas. Tepatnya  pindah kelas dari yang lantai atas ke bawah.  Menghadapi situasi seperti ini tentulah tidak ada kata lain selain menerima. 

Saling membantu dan meringankan beban siswa lain karena suatu saat bisa jadi gantian kelas kita, walaupun terkadang beberapa siswa merasa harus mengalah. Terutama yang sering harus pindah kelas adalah yang di lantai 1. Penyesuian bagi guru-guru pun terjadi. Terkadang lupa bahwa ia pun harus mengajar di beda lantai. Misal guru level 7 biasanya mengajar di lantai 1, harus ikut pindah juga mengajar di lantai 3 atau 4. 

Bila memerlukan waktu lebih lama, tidak cukup 1 pekan, sebagai solusinya pindah kelas bergantian. Karena di bawah ada 3 kelas putra, tiap kelas mendapatkan giliran 1 pekan pindah lantai atas supaya adil dan rata.

Kejadian yang paling akhir adalah beberapa waktu lalu ada 2 siswa putra dengan cedera 1 kaki kanan dan 1 kaki kiri, bahkan keduanya dari kelas yang sama, 9F. Mereka mengalami cedera saat berolahraga. Bertukar kelas pun terjadi lagi.

Dari peristiwa ini, para siswa diajak praktik langsung saling menghargai dalam hidup bertetangga.

Purwokerto, 7 Desember 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar