Minggu, 28 Maret 2021

Laporan Nilai kepada Orang Tua


Sebagai bentuk pertanggungjawaban sekolah tentang hasil pendidikan anak, wali kelas menyampaikannya kepada orang tua siswa. Setidaknya aku sudah menjalankan 3 kali video call tentang laporan tersebut. Menyampaikan nilai atau rapor dan melayani konsultasi pendidikan. Pada pertengahan semester I, akhir semester I, dan pertengahan semester II. 

Sabtu kemarin, secara bergantian, satu persatu orang tua aku ajak diskusi sampai semua terlayani. Konsultasi semacam ini memang biasa dilakukan dalam kondisi normal agar wali kelas dan orang tua leluasa membahas tentang kondisi anak. Dalam kondisi normal, sebagian orang tua kadang berhalangan hadir. Namun, selama pandemi covid konsultasi malah lancar karena dilakukan virtual. Paling-paling hanya mundur waktunya.   

Untuk memudahkan diskusi, aku menggunakan google meet hanya berdua dengan orang tua. Sambil menanyangkan nilai dari PDF yang juga sudah diterima orang tua, aku leluasa menyampaikan dibanding hanya video call. Alhamdulillah orang tua merasa nyaman dengan model konsultasi ini. Wajah seakan bertemu langsung, suara jelas, tulisan bisa dilihat bersama.

Ada kejadian seru dari salah satu orang tua. Setiap saya hubungi beliau pas mengendarai mobil. “Saya menepikan mobil dulu,” katanya. Aku pun menyilakan kepada Bapak tersebut.


Purwokerto, 28 Maret 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar