Senin, 03 Januari 2022

Di Balik Pintu (pentigraf)

*Di Balik Pintu* (Praktik Pidato I)
Sumintarsih

Pengalaman yang satu ini tidak mungkin saya lupakan. Bahkan, sering saya jadikan pelajaran berharga kepada siswa agar mereka memperhatikan estetika dalam pembuatan video. Video untuk praktik pembelajaran mata pelajaran apa pun. 

Dulu, jauh sebelum pandemi covid 19, praktik pidato saya mintakan kepada siswa untuk mengirim video. Sangat sedikit siswa yang berpidato di ruangan terbuka, seperti di ruang tamu atau di ruang keluarga. Bisa dipastikan hal ini karena mereka tidak PD bila dilihat orang lain. Tidak sedikit mereka praktik pidato di kamar, ada juga yang di dalam kamar tambah lagi dengan suara yang bisik-bisik, bahkan ada yang pidato atas genting. Kok, saya jadi merasa bersalah belum sukses menanamkan kepercayaan diri kepada mereka.

Satu persatu pidato saya nilai. “Dito, pidatomu keren, saya suka.” Ucap saya kepada Dimas lewat sms, masa sebelum musim WA. Nah, ada salah satu siswa yang pidato di dalam kamar, saya simak videonya. Belum selesai pidato saya dengarkan, konsentrasi saya buyar. Mata saya tertuju pada setiga merah tergantung di balik pintu. 

Purwokerto, 7 September 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar