Senin, 03 Januari 2022

Nilai Pidato (pentigraf)

*Nilai Pidato* (Praktik Pidato II) 
(Sumintarsih)

Penilaian praktik pidato kelas 9 tahun ini, saya merealisasikan ide yang pernah saya tulis dalam esay saya.  Meskipun PJJ, saya tetap memberikan tantangan kepada siswa agar praktik berbahasa lebih bermakna. Biarkan PJJ, tantangan siswa berbicara di depan orang lain  tidak boleh hilang. Kalau hanya berbicara sendiri di depan kamera dan di dalam kamar, mereka tidak merasakan deg-degan. Persiapan pun tidak maksimal.

Youtube video pidato mereka harus menunjukkan ada penonton, anggap saja pengganti guru dan teman-teman di kelas. Kalau tanpa penonton, kurang tantangan sehingga nilai lebih rendah. Minimal tampak satu kepala penonton saat dia pidato. Anggaplah seperti acara Indonesian Idol.

Salah satu siswa, Caca, mengirimkan video pidato. Tampak ia berpidato di depan ayah dan adiknya. Namun, posisi kamera dari samping. Saya melihat tatapan matanya seperti membaca tulisan di depannya. Saya pun konfirmasi dan ia menjawab tidak membaca. Saya lega dan saya katakan bahwa nilainya berubah dari 90 menjadi 92. "Ga bisa naik lagi, Ustazah?" Saya hanya menjawab dengan mengirimkan emoticon nyengir. Kok saya seperti di pasar.  

Purwokerto, 11 September 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar