Senin, 03 Januari 2022

Menjemur atau Berjemur



Foto: google

Siang tadi saya mengajar kelas 9E putri lewat google meet. Materi ciri-ciri kebahasaan teks pidato persuasif saya sampaikan. Pada pertemuan sebelumnya, video materi lewat youtube sudah mereka simak.

Sampailah pada materi kalimat persuasif. Tulisan siswa bermunculan di kolom chat google meet. Ada yang menggunakan kata ayo, mari, jangan, dan lain-lain. Tampaknya mereka sudah memahami penggunaan kalimat persuasif dalam teks pidato persuasif.

“Mari kita menjemur badan setiap hari!”
Kalimat itu muncul dari salah satu siswa dan entah mengapa saya tertawa berkelanjutan. Sampai berkali-kali saya minta maaf tidak bermaksud mengejek. Saya justru mengucapkan terima kasih, kalimatnya telah memberikan hiburan. Dan saya tanyakan kepada siswa yang lain, kata apa seharusnya. Alhamdulillah ada yang menjawab seharusnya “berjemur” tanpa kata badan. 

Dalam bayangan saya kalimat dengan kata kerja menjemur adalah ada benda yang dipegang dan dijemur atau ditata supaya terkena panas. Contohnya: Aku menjemur sepatu. Saya pun menghubungi pemilik kalimat untuk minta maaf sekali lagi setelah pelajaran selesai.

Untuk mengobati penasaran, saya mencari sumber di google. Saya lupa namanya, kata kerja yang dikenakan untuk diri sendiri, seperti berjemur, berdandan, berendam, dan lain-lain.

Muncullah di layar hp, ada kata benefektif (kata kerja untuk orang lain, seperti membelikan dan membuatkan), reflektif (kata kerja untuk diri sendiri, seperti berjemur dan berdandan), dan resiprok (kata kerja yang dilakukan dua prang/ saling, seperti bersalaman dan berpelukan). Masih banyak lagi materi tentang jenis dan kelompok kata bila kita ingin mempelajari lebih lanjut. 

Purwokerto, 5 Agustus 2021

17 komentar:

  1. Setelah saya membaca tulisan Ustadzah, saya jadi tahu berbagai macam kata kerja. Syukron, ilmunya, Ustadzah 😊

    BalasHapus
  2. Kadang yang dituliskan berbeda dengan maksudnya, he he. Tapi jadi bahan diskusi ya Bu?

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah tambah wawasan hari ini. Syukron Ustadzah 😄

    BalasHapus
  4. Ternyata sambil mengajar, kita belajar juga ya Bu?

    BalasHapus
  5. Jadi nambah wawasan tata bahasa. Mantull

    BalasHapus
  6. Ibu, saya juga ikut tertawa membaca kalimat " ... menjemur badan ...." menurut saya belum tentu anak itu tidak paham, jangan-jangan di memang mau melucu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...
      Belum paham, Bu. Saya tertawa, dia senyum pun tidak.

      Hapus