Senin, 03 Januari 2022

Terus Bertunad meskipun Belum Berbuah (latepost)

*Terus Bertunas meskipun Belum Berbuah*
(Sumintarsih)

Alhamdulillah, satu tahapan terlewati tantangan yang diberikan panitia kepada seluruh peserta Guru Motivator Literasi (GML). Dua hari ini saya menyelesaikan tantangan pertama yaitu mengadalan Wisata Literasi Guru (WLG) dalam bentuk pembekalan kepenulisan atau pelatihan singkat. Sebuah kegiatan yang saya ikuti sejak pertengahan Agustus. Setelah melalui seleksi, terjaring 1000 GML se-Indonesia.

WLG yang diikuti 11 guru sekaligus kepala sekolah (Wisata Literasi Kepala Sekolah -WLK) diterima baik oleh peserta. Mereka antusias dan siap melanjutkan tantangan yang saya berikan. Sepekan ke depan mereka akan mengumpulkan sebuah artikel tentang pengalaman pembelajaran semasa pandemi. Adapun artikel kepala sekolah tentang manajemen kepemimpinan inovatif dan inspiratif.   

Satu tantangan lagi yang insyaallah saya selenggarakan besok Kamis adalah Wisata Literasi Siswa (WLS). Sebanyak 70 siswa sudah terdaftar menjadi peserta zoom meeting. Puisi atau pantun akan mereka kirim setelah besok mendapatkan pengarahan. Tahap selanjutnya saya menyiapkan kelengkapan pengajuan ISBN kepada FIM (Forum Indonesia Menulis). 

Dari dua kegiatan ini, karya mereka akan dibukukan dan dilombakan secara personal. Adapun penilaian untuk GML sangat berat karena salah satunya adalah dari jumlah peserta yang terlibat dari pihak guru dan siswa, sedangkan saya hanya akan mengirimkan batas minimal. Namun demikian, saya mencoba mengalir dan mengikuti setiap tahapan. Alhamdulillah sekolah memberikan dukungan. 

Tujuan utama saya adalah mencoba menggerakkan warga sekolah untuk terus menulis. Apalagi, tahun 2019 saya sudah pernah mengajak warga sekolah menerbitkan 41 buku untuk 41 tahun SMP Al Irsyad Purwokerto. Buku-buku tersebut karya siswa, guru, kepala sekolah, alumni, orang tua siswa, bahkan petugas kebersihan sekolah.

Tidak perlu menunggu menjadi penulis yang mempunyai nama, tetapi saya berusaha untuk terus mengajak yang lain menulis. Belajar dari pohon pisang yang terus bertunas walaupun belum berbuah. Bismillah. 

Purwokerto, 21 September 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar