Senin, 03 Januari 2022

Hebatnya Sebuah Jabatan (late post)

*Hebatnya Sebuah Jabatan*
(Sumintarsih)

Kelanjutan dari keterlibatan saya dalam seleksi Guru Motivator Literasi (GML) yang diselenggarakan oleh Forum Indonesia Menulis (FIM) sudah saya jalankan, yaitu mengadakan Wisata Literasi Guru (WLG) dan Wisata Literasi Siswa (WLS). Kegiatan pelatihan singkat itu berupa pemotivasian agar guru dan siswa senang dengan kegiatan literasi, khusunya menulis. 

Sepuluh tulisan guru dan satu, satu dari kepala sekolah, dan 66 dari siswa sudah saya simpan di laptop. Para guru menuliskan pengalaman mereka dalam menerapkan metode pembelajaran selama masa pandemi. Adapun kepala sekolah menulis tentang pengalaman memimpin sekolah. Di luar dugaan, mereka bisa menuangkan ide gagasan dalam 3 sampai 4 halaman. Adapun kegiatan siswa, mereka menulis puisi atau pantun. Sebuah keterampilan yang selama ini tidak tersalurkan.

Saya merenung dan menganalisis semua ini. Sungguh hebatnya sebuah jabatan. Ya, semua ini terjadi karena ada lampu hijau dari kepala sekolah untuk saya mengumpulkan mereka dan memberi mereka tantangan menulis. Akhirnya, di tengah kesibukan masa awal pembelajaran tatap muka terbatas, bahkan masa-masa guru melaksanakan pembagian laporan tengah semester, para guru sanggup menjalankannya. Sebuah keterpaksaan yang mulus.

Tulisan guru dan siswa ini kini memasuki proses selanjutnya. Saya akan menyunting dan merapikannyan untuk kemudian saya siapkan menjadi dua naskah buku antologi, siswa dan guru. Tanggal 13 Oktober 2021 menjadi batas akhir pengiriman untuk diikutkan dalam lomba individu dengan peserta se-Indonesia. Semoga tulisan mereka mendatangkan keberkahan dan bernasib baik. Amin.

Purwokerto, 5 Oktober 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar